Pengetahuan Lengkap Sebelum Membuat Sake

Siapa pun yang suka minum dan mempunyai kecenderungan untuk membuat sesuatu tentu akan mengupayakan menyeduh alkohol mereka sendiri. Anda tidak hanya belajar banyak tentang proses dan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat produk, namun Anda pun dapat membentuk hobi atau penghidupan dari itu. Ini dapat menjadi hasrat Anda untuk menyempurnakan rasa minuman Anda atau mulai menjualnya dalam jumlah kecil ke rekan dan keluarga.

Alkohol apa pun yang kita putuskan untuk dicoba, satu hal yang pasti tidak semua minuman beralkohol diciptakan dengan teknik yang sama. Beberapa memerlukan proses yang lebih lama (satu tahun) dan memerlukan lebih banyak peralatan, sedangkan yang lain hanya perlu kita masukkan ke dalam botol dan biarkan difermentasi dengan ragi.

Satu minuman beralkohol yang memerlukan bahan-bahan premium, keterampilan, bahan-bahan yang tepat dan penataan untuk menghasilkan dengan benar adalah sake. Dikenal secara internasional sebagai motivasi yang benar-benar mewakili Jepang, sake tersebut sederhana dan kompleks. Sederhana dalam makna bahwa hal tersebut mudah diciptakan di tulang-tulangnya yang telanjang, tetapi lumayan kompleks guna produk kesudahannya bereaksi paling besar terhadap tweak kecil secara rinci saat datang ke prosedur pembuatan bir.

Sake Bukanlah Wine Nasi, Lebih Seperti Nasi Bir

Sebelum menyelam langsung ke teknik membuat sake sendiri, urgen untuk terlebih dahulu mengetahui dasar-dasar sake. Sake ialah produk beras dipoles yang sudah difermentasi dalam air dengan memakai jenis cetakan eksklusif yang dinamakan “koji”. Berbeda dengan apa yang sering disebut oleh seluruh orang – yakni “Anggur Beras”, Sake secara teknis tidak bisa dikategorikan sebagai anggur. Anggur diciptakan ketika gula dalam fermentasi buah menyusun alkohol secara langsung. Sebaliknya, bir memerlukan pati terlebih dahulu untuk kembali menjadi gula sebelum gula kembali menjadi alkohol.

Proses fermentasi dalam sake serupa dengan bir, dengan satu perbedaan penting. Dalam bir, proses terjadi dalam langkah-langkah yang berbeda, dari pati menjadi gula, dan lantas gula menjadi alkohol. Namun demikian, demi dua langkah berbeda itu terjadi secara bersamaan. Gula yang tercipta dari pati kembali menjadi alkohol pada saat yang bersamaan dengan pati yang tersisa kembali menjadi gula. Ini dinamakan fermentasi paralel.

Juga, anggur, bir, dan sake semuanya mempunyai persentase ABV (alkohol menurut keterangan dari volume) yang berbeda. Bir berkisar antara 3% sampai 9%, anggur bisa naik dari 9% menjadi 16%, sedangkan sake (tanpa air tambahan) menjangkau 18% sampai 20%. Di sebagian besar botol sake komersial, air sudah ditambahkan, mencairkan ABV menjadi selama 15%.

Apa Perbedaan Antara Moonshine dan Sake?

Sake dan Moonshine ialah minuman beralkohol yang sama sekali berbeda. Moonshine ialah minuman beralkohol yang telah disaring, diciptakan dan dipasarkan tanpa dikenakan pajak. Ini mempunyai konotasi negatif untuk itu, yang distereotipkan sebagai minuman beralkohol yang diciptakan oleh mereka yang putus harapan untuk menemukan alkohol dengan harga murah. Moonshine juga seringkali dibuat dari jagung namun tidak terbatas hanya pada jagung. Rye atau gula, misalnya, pun dapat dipakai untuk menciptakan minuman keras. Nonsen ilegal dapat memunculkan bahaya kesehatan yang potensial jika meminumnya, sehingga mereka yang perlu mengetahui bahwa terdapat risiko yang tercebur dalam mengkonsumsinya.

Dapatkan Sake At Home dari Rice

Sebelum Anda mengambil sake produksi sendiri, lihat terlebih dahulu apakah sah untuk melakukannya di lokasi Anda tinggal. Di Jepang, ialah melanggar hukum hukum menyeduh sake di rumah, meskipun telah dilakukan oleh orang selama berabad-abad. Jangan berharap proses ini menghasilkan sake yang sebagus produksi pengrajin atau produksi komersial, sebab menggunakan perlengkapan dan bahan-bahan yang tidak mungkin yang terbaik, namun dapat dengan gampang ditemukan. Ini ialah cara kasar dan susah untuk membuat sake yang tidak memberi penghormatan pada minuman tradisional tetapi menemukan trik dalam membuatnya.

Bagaimana kita Membuat Bom Sake?

Bom demi sake bukanlah teknik terbaik untuk menikmati hakikat dan ciri khas sake yang sebenarnya, tetapi hal tersebut benar-benar teknik yang mengasyikkan untuk meminumnya. Bom sake ialah resep sederhana, hal itu ialah kombinasi sake dan bir – namun dengan twist yang menyenangkan.

Anda dapat memakai bir pun juga yang Anda suka, bir Kirin seharusnya berlangsung baik dengan sake. Isi gelas dengan bir Kirin; lebih digemari gelas jenis Collins atau pint. Ambil gelas, tuangkan sake ke dalamnya (rasanya lebih enak andai sake hangat, dan ukur selama 44 ml), dan seimbangkan di atas dua sumpit paralel yang ditaruh di atas gelas Collins. Tidak butuh menambahkan es.

Tujuannya ialah untuk menghempaskan meja dengan kepalan tangan kita secara berurutan hingga gelas tersebut jatuh ke gelas pint. Sambil menghempaskan tinju seseorang di atas meja, Anda dapat mengatakan “Kanpai!” Saat jatuh, atau menyampaikan “Ichi ni san” (1, 2, 3) lalu menghempaskan tinju kita di atas meja, dan menuliskan “sake bomb”- ketika itulah gelas jatuh. Sake akan mengakibatkan bir banyak, sampai-sampai Anda mesti minum semua gelas.

Leave a Comment

Please wait...

Subscribe to our newsletter

Want to be notified when our article is published? Enter your email address and name below to be the first to know.